Hongkong, Day 2 (part 2): Ocean Park, Hong Kong

Hong Kong, 12 Januari 2010

Jalan-jalan di Hong Kong memang menyenangkan, banyak hal yang menarik yang bisa kita temui sepanjang jalan. Selepas berfoto-foto ria di Golden Bauhinia Square, kita melanjutkan perjalanan menuju Ocean Park. Berjalan kaki 10-15 menit menuju Wan Chai MTR Station, stasion tujuan kita adalah Admiralty. Kenapa? Karena disitulah terdapat bus yang akan langsung mengantar kita ke Ocean Park. Ocean Park adalah taman hiburan besar di Hong Kong, selain Disneyland. Hampir mirip dengan Ancol, Ocean Park juga mengusung tema Laut. Perbedaannya adalah semua atraksi, wahana dan hiburan lainnya disini dijadikan satu dengan satu pintu masuk. Kalo di Ancol: Dufan, Sea World, Gelanggang Samudera dan lainnya merupakan tempat yang terpisah-pisah, dengan tiket yang terpisah juga.

Turun MTR di Admiralty Station, cari saja Exit B yang ada petunjuknya "Bus to Ocean Park". Ikuti saja jalurnya sampai ke pintu keluar. Begitu keluar pintu kita langsung bertemu dengan terminal bus dan loket tiket ke Ocean Park. Kita bisa membeli tiket bus dan Ocean Park langsung disini, tapi kalo sudah punya Octopus Card ya gak usah beli tiket busnya. Beli tiket Park-nya aja. Sebenernya bisa juga beli di pintu gerbang Ocean Park kalo dah nyampe, tapi daripada ntar ribet saya beli aja di sini. Beres beli tiket langsung antri deh untuk naek ke bus, gak panjang koq antriannya (apa karena ini weekday jadi gak terlalu rame?) Oh ya naek busnya no 629, jalurnya emang cuman Admiralty langsung ke Ocean Park, gak brenti di tempat lain.

Tiket Ocean Park ini lucu, bergambar karakter-karakter khasnya Ocean Park. Seperti panda, buaya, ikan, dolphin dan lain-lain. Sangat menarik, khususnya buat anak-anak. Harga tiket nya HKD250 untuk dewasa dan HKD125 untuk anak-anak. Mahal? Relatif, karena di tempat ini anda bisa menikmati berbagai wahana seperti di Ancol, gabungan Dufan, Sea World, Gelanggang Samudera ditambah berbagai wahana dan atraksi lainnya.

Oleh karena itu, sebelum masuk taman hiburan yang merupakan pesaing Hong Kong Disneyland ini, ambil satu buah peta dan satu buah jadwal atraksi yang ada di pintu gerbang. Dari peta tersebut bisa kita lihat bahwa Ocean Park ini terbagi menjadi dua bagian yaitu The Summit (Headland) dan The Waterfront (Lowland). Kawasan Waterfront, yang merupakan tempat Pintu Masuk Utama (Main Entrance) taman ini, lebih ditujukan untuk anak-anak. Disana kita bisa menemukan atraksi Sky Fair dengan Bungee Trampoline-nya, kemudian ada Amazing Asian Animals dimana kita bisa melihat Panda, binatang khas dari negeri Tirai Bambu. Selain itu kita juga bisa melihat koleksi berbagai jenis ikan mas yang unik-unik di kawasan ini. Ada juga Whiskers Harbour, suatu taman bermain yang luas bagi anak-anak, disini ada Merry go round, Frog Hopper, Toto the Loco (Mini Train), dan lain-lain. Disini juga terdapat Whiskers Theatre tempat menonton Sea Lion Fun Time Show dan Whiskers & Friends Show.

Untuk penghubung dari Waterfront ke Summit maupun sebaliknya kita bisa memilih untuk menggunakan Cable Car, shuttle bus atau Ocean Express ("submarine train", kereta yang menyajikan suasana bawah laut, seolah-olah kita sedang naek kapal selam). Di The Summit wahananya lebih ditujukan kepada anak-anak yang lebih besar atau remaja/dewasa. Sebutlah Roller Coaster "The Dragon", The Abyss (wahana yang mengangkat pengunjung beberapa meter dan kemudian membantingnya secara tiba-tiba), Ferris Wheel, Mine Train (sejenis Roller coaster juga), Raging River (Mirip Niagara di Dufan) dan lain-lain. Di sisi ini juga kita bisa mengunjungi Atoll Reef (Aquarium raksasa, seperti Sea World) dan Sea Jelly Spectacular (Akuarium besar khusus untuk jelly fish/ubur-ubur). Jangan lupa pertunjukan dolphon di Ocean Teather (Mirip pertunjukan di Gelanggang Samudera Ancol lah). Oh ya, di kawasan The Summit ini juga bisa ditemui eskalator yang sangaatt tinggi, perlu dicoba tuh...

OK, kita mulai perjalanan kita. turun dari bus kita langsung melangkah menuju Main Entrance yang terletak di kawasan The Waterfront. Waktu menunjukkan pukul 11.30, berdasarkan panduan Show Schedule yang kita dapat di pintu gerbang, berarti saatnya pertunjukkan di Sky Fair yang kebetulan terletak di dekat Main Entrance. Langsung menuju tempat ini dan pertunjukan baru saja dimulai. Ternyata ini adalah pertunjukan dari anak-anak muda Hong Kong yang memperlihatkan kemampuan akrobatiknya. Sangat menarik...

Selepas menonton pertunjukkan di Sky Fair perjalanan kita lanjutkan ke Amazing Animals Asia. Kebetulan disana ada maskot Ocean park: Later Gator si Buaya dan Ying Ying si Panda. Disini juga kita bisa melihat panda yang asli, selain binatang-binatang unik lainnya seperti kungkang dan buaya. Di bagian Goldfish Treasures kita bisa melihat beragam ikan mas yang unik. Ada dua ikan mas yang menarik perhatian saya, yang satu ikan mas dengan mata yang sangat besar sehingga kaya mau copot, dan yang satu lagi kayak otaknya yang di luar :) aneh lah.

Keluar dari situ, karena perut keroncongan kita mau nyebrang ke kawasan The Summit. Soalnya tempat makan di Waterfront bernuansa pork, kalo di summit ada Golden fried chicken, masih ayam deh. Kita nyebrangnya pilih pake Ocean Express dulu. Wahana yang unik karena kita naek semacam kereta tapi dibuat seolah-olah kereta tersebut berjalan didalam air. Kondisi kereta yang gelap ditambah dengan suasana bawah laut yang ditampilkan melalui kaca di atap kereta ini berupa gambar animasi serangan octopus, hiu, jelly fish dan lain-lain. Great idea...

Setelah beres lunch, anakku narik-narik pengen naek FerrisWheel. Oke deh... Maenan kincir yang kalo di Dufan dikasih nama Bianglala ini menampilkan view yang cukup menawan dari atasnya. Pandangan ke laut serta ke wahana lainnya di Ocean Park cukup menyenangkan sehingga Anya ngotot pengen naek wahana ini sekali lagi. Beres naek Ferris Wheel, saya nyobain naek The Dragon. Wahana Roller Coaster ini cukup menarik minat para pengunjung sehingga antriannya cukup panjang. Lebih panjang sedikit dibanding Halilintar-nya Dufan dengan tingkat kengerian cukup :) Masih ada beberapa wahana di sekitar sini seperti The Abyss, Perahu kaya kora-kora (gak tau namanya apa :)) dan lain lain.

Tujuan berikutnya adalah Atoll Reef, mirip dengan Sea World tapi tidak ada lorongnya. Hanya akuarium besar dengan berbagai fauna laut yang dapat dilihat dari tiga tingkatan. Dari Atoll Reef ini tadinya mau ke kawasan adventure land dimana terdapat wahana Mine Train, Raging River dan Eskalator kedua terpanjang di dunia (menurut wikipedia panjangnya mencapai 225m!), tapi karena udah pada capek diputuskan balik ke Waterfront untuk memanjakan anak-anak dengan wahana yang sesuai dengan usia mereka. Memang kontur jalan di The Summit ini naek turun dengan cukup terjal sehingga cukup membuat napas ngos-ngosan. Dan yang patut disayangkan lagi adalah ditutupnya Ocean Theater untuk maintenance di bulan Januari ini, jadi pertunjukan lumba-lumba dan singa laut yang tadinya menjadi daya tarik utama taman hiburan ini libur dulu :( Tapi pihat Ocean park menggantinya dengan pertunjukan Ice Skating yang sayangnya juga tak bisa kita nikmati karena berada dikawasan Adventure Land

Balik ke Waterfrontnya gak pake Ocean Express lagi tapi naek Cable Car. Walau menempuh waktu yang lebih lama dibanding Ocean Express tapi Cable Car memberikan nuansa yang jauh berbeda. Pemandangan indah sekitaran Ocean Park serta hutan lebat di bawah kaki kita memberikan suasana eksotis tersendiri.

Sekarang kita menuju Whiskers Harbour, kawasan yang cocok jika kita membawa anak-anak balita. Beragam wahana khas anak kecil seperti Merry Go Round dan Mini Train tentunya menjadi favorit anak-anak kita. Beragam patung dengan karakter binatang lucu juga menghiasi jalan-jalan di depan gerbang Whiskers Harbour. Dan ada satu buah Talking Tree yang menyarankan kita untuk memilah milah sampah yang akan kita buang. Talking Tree ini menjadi daya tarik tersendiri karena selain berbicara, di bagian atas pohon ini juga keluar burung hantu yang "memberi nasehat". Kayak jam kukuk gitu kali ya.
Jangan lupa juga buat memperhatikan jadwal show karena di sini ada Whiskers Theater yang secara periodik menampilkan pertunjukan singa laut sampai bagaimana cara mengajar mereka. Nice Show

Toko Souvenir bertebaran di beberapa sudut taman hiburan ini tapi karena budget disiapkan buat belanja di Disneyland saja, makanya souvenir dari tempat ini kami lewatkan. Sudah mendekati pukul 18.00, saatnya kita kembali ke hotel, karena memang Ocean Park tutup jam 6sore. Keluar kembali dari Main Entrance melangkah menuju terminal bus untuk naek bus 629 balik ke Admiralty. Dari Admiralty kita nyambung MTR menuju Tsim Sha Tsui Station buat balik ke hotel dulu, istirahat sebentar sebelum menyongsong destinasi wisata hongkong berikutnya Symphony of Lights...